Hosting Gratis
  • Headline

    Rabu, 07 Mei 2014

    Pohon Jati Berdarah Saat Dipotong

    Aneh, Pohon ini dikenal sebagai pohon berdarah. Kenapa? karena pohon ini mengeluarkan getah yang berwarna merah gelap yang menyerupai darah.
    Pohon ini bernama Kiaat atau sejenis pohon jati asal Afrika Selatan. Pohon ini mempunyai nama latin Pterocarpus angolensis ini juga dikenal dengan sebutan Mukwa dan Muninga. Ciri-ciri pohon adalah tinggi mencapai 12-18 meter, berkulit kasar dengan warna coklat gelap dan mempunyai bunga kuning yang bermahkota seperti payung.
    Jika pohon ini dibelah, maka akan mengeluarkan getah berwarna merah gelap. Hal sama juga terjadi ketika ada cobang pohon yang rusak atau patah. Warna getahnya menyerupai darah pada tubuh hewan yang terpotong.
    Sekilas tampak menyeramkan melihat geta merah yang keluar. Namun, getah merah ini mempunyai khasiat untuk pertolongan


    pertama pada luka. Selain itu, warna merah pada getah juga dapat digunakan sebagai pewarna, dicampur dengan lemak hewan untuk membuat kosmetik untuk wajah dan tubuh.
    Karena warnanya yang menyerupai darah, getah merah ini juga berkhasiat untuk menyembuhkan masalah yang berhubungan dengan darah. Selain itu, getah pohon ini kerap digunakan untuk pengobatan masyarakat seperti penyakit kurap, nyeri, masalah mata, malaria, demam blackwater, masalah perut, juga meningkatkan ASI.
    Selain getahnya, kayu pohon ini juga kerap dijadikan furniture rumah karena kayunya yang mudah untuk diukir, dilem, dan disekrup serta mudah dicat. Ditambah daya tahannya yang tinggi, membuat kayu pohon ini sering digunakan untuk pembuatan kapal, kano, dan lantai kamar mandi.
    Sayangnya, pohon ini mengalami eksploitasi besar-besaran, khususnya dari pendduduk Afrika Tengah dan Selatan. Sehingga pohon ini terancam punah. Padahal pohon Kiaat mempunyai kualitas dan fungsi yang besar.

    http://www.suaranews.com/2014/05/heboh-pohon-jati-berdarah-saat-dipotong.html?utm_source=dlvr.it&utm_medium=facebook

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Pohon Jati Berdarah Saat Dipotong Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top