Hosting Gratis
  • Headline

    Minggu, 08 Juni 2014

    Ini Lho Manfaat Legen Kelapa

    Legen. Ya, minuman tradisional ini  ternyata memiliki fungsi bagi kesehatan. Setidaknya 1 bulan setelah mengonsumsi minuman ini bisa membantu mengikis batuan kalsium yang ada di saluran kencing dan ginjal. Selain itu legen bisa membantu kesehatan fungsi ginjal. Bahkan ada beberapa jenis Legen (tergantung dari kualitas pohon, red) yang bisa mengobati penyakit impotensi.

    Kata legen ini berasal dari kata dasar legi (bahasa jawa) yang artinya manis. Minuman tradisional ini terbuat dari nira atau bahan pembuat gula yang disuling dari pohon aren, siwalan dan atau kelapa. Minuman ini cukup menyegarkan, tetapi perlu hati-hati dalam memilih legen. Pasalnya, terkadang ada yang memalsukannya, dengan artian legen sintetik.

    Untuk memastikan itu legen asli atau bukan bisa dilihat dari warna. Legen asli berwarna seperti air kelapa namun lebih keruh, dan agak kental, serta rasanya manis tanpa ada pahit seperti kalo kita minum minuman yang ngandung sakarin.

    Legen akan menjadi minuman yang menyegarkan sekaligus menyehatkan bila masih berusia 0 hingga 2 hari. Jika sudah lewat dari dua hari, maka legen akan berubah menjadi tuak muda yang akan memiliki kadar alkohol di bawah 2%. Semakin lama rentan waktu yang dilewati legen, maka semakin banyak pula kadar alkohol yang ada di dalamnya, yang artinya legen tersebut sudah menjadi tuak yang memabukkan.

    Legen kebanyakan dibuat dari bunga pohon siwalan jenis perempuan yang bunganya berbentuk sulur. Sulur bunga ini dipotong sedikit demi sedikit untuk disadap getahnya yang ditampung pada sebuah tabung yang biasanya terbuat dari potongan batang bambu satu ruas.

    Lama penyadapan ini biasanya semalam, pada sore hari tabung bambu ini (disebut bumbung) diletakkan sebagai penampung, maka pada pagi harinya sudah memuat penuh satu tabung. Satu manggar bunga biasanya menghasilkan sekitar tiga hingga enam tabung legen.

    http://innoblessing.com/legen-obat-alamiah-menyegarkan/

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Ini Lho Manfaat Legen Kelapa Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top