Melakukan rutinitas pekerjaan memang terasa menjemukan, apalagi jika suasana di lingkungan pekerjaan kurang kondusif karena terlalu ramai, kotor atau banyak gangguan. Namun disisi lain kita harus bekerja untuk supaya mendapat penghasilan, dan suatu ketika kita dituntut agar fokus dalam menyelesaikan pekerjaan untuk mengejar deadline. Tidak peduli apakah kita bekerja di kantor atau di rumah, tetap dibutuhkan fokus untuk menghindari banyak kesalahan pada pekerjaan kita.
Berikut ini adalah 18 tips agar kita bisa fokus dalam bekerja:
-Tuliskan daftar tugas harian dan rencanakan hari kita.
Tidak ada cara yang baik selain membuat daftar tugas harian disamping kita, untuk membuat kita tetap fokus. Memiliki daftar hal-hal yang harus kita selesaikan dalam sehari membuat kita terus menerus mengingat apa yang perlu diselesaikan, ini adalah cara terbaik agar kita tetap fokus.
-Sediakan waktu lain untuk rekan-rekan yang dapat mengganggu kita.
Di tempat kerja yang sibuk, orang-orang selalu bergerak dan berbicara sepanjang waktu. Jika kita memegang peran dalam sebuah tim di mana orang lain perlu berinteraksi dengan kita, cobalah mengalokasikan waktu mereka yang dapat mengganggu kita, biarkan mereka tahu bahwa waktu di siang hari, misalnya antara jam 2-4siang kita tidak bisa diganggu.
-Batasi waktu kerja kita.
Cobalah batasi waktu kita untuk mengerjakan suatu tugas, katakanlah 30 menit. Ketika sudah 30 menit, baik pekerjaan itu selesai maupun belum, kita harus mencari waktu lain, mungkin juga di hari lain untuk mengerjakannya kembali. Dengan cara ini akan menjaga kerja kita tetap fresh walaupun seharian kerja.
-Atur filter di email kita.
Jika kita menghabiskan banyak waktu kita di depan komputer yang memungkinkan kita sering membuka/mengecheck email, buatlah filter email mana yang harus diprioritaskan,dengan hal tersebut, kita hanya perlu membuka folder penting saja yang dikategorikan sebagai project,dan yang berhubungan dengan pekerjaan kita.
-Jangan periksa email di pagi hari.
Memeriksa email pribadi bisa sangat mengganggu bahkan dengan konfigurasi filter. Terutama ketika teman-teman kita mengirimkan link artikel menarik, lelucon atau video di YouTube. Jika kita tidak berhati-hati, kita bisa terbawa kedalamnya selama berjam-jam. Cobalah untuk langsung bekerja. Hal ini akan membangun beberapa momentum yang dapat memudahkan hari kita. kita bisa memeriksa email pribadi, setelah tugas telah selesai atau sedang berlangsung.
-Set status IM (Chat) kita.
Jika kita sedang tidak ingin diganggu,ubahlah status IM kita menjadi away atau busy. Dengan cara tersebut teman dan rekan kerja kita akan menghormati waktu kita.
-Mendengarkan jenis musik yang tepat.
Musik adalah cara yang baik untuk menemani rutinitas pekerjaan. Selain itu, musik dapat meredam suara-suara kantor seperti suara printer dan orang lain yang sedang mengobrol Hati-hati juga,terkadang jenis musik tertentu yang tidak kondusif dapat mempengaruhi produktifitas kerja.
-Gunakanlah headphone tanpa menghidupkan musik.
Sebagian orang memilih untuk memiliki keheningan ketika bekerja. Jika kita sedang melakukan perincian yang serius atau perhitungan, mendengarkan musik ditelinga mungkin bukan hal terbaik untuk menjaga fokus.Coba gunakan headphone atau sumbat telinga untuk menahan kebisingan diluar tetapi tidak perlu menyalakan musiknya.
-Sediakan sebotol air.
Menjaga diri kita dari dehidrasi bagus untuk segala macam kesehatan. Isilah botol minum kita pada pagi hari. Hal ini untuk menghindari, pertama berhubungan dengan yang lain ketika kita bangun dari tempat duduk kita untuk mengisi botol. Kedua, untuk menghindari diskusi panjang dengan teman kita disekitar tempat pendingi air.
-Carilah waktu terbaik untuk melakukan tugas yang berulang dan membosankan.
Tidak peduli berapa banyak kita mencoba untuk menghindarinya, tetapi kita harus menghadapinya. Mulailah pekerjaan yang berulang dan membosankan di pagi hari dimana otak masih bekerja secara maksimal.
-Bawalah makan siang kita dan letakkan di meja.
Saya tidak menyarankan kita melakukan hal ini setiap hari, tetapi jika kita benar-benar harus fokus dan berusaha untuk memenuhi deadline, makan siang kita benar-benar membantu. Selain itu, makan siang kita menjadi lebih cepat serta bisa juga dilakukan sambil membuka email.
-Jangan melakukan panggilan pribadi/telepon terlalu lama.
Sebagian dari kita mempunyai cara membedakan yang baik antara pekerjaan dan kehiduapn pribadi kita. Saya pikir,kita semua setuju kita harus menghindari pekerjaan yang mengganggu kehidupan pribadi,hal ini juga berlaku kebalikannya. Cobalah untuk mengurangi menghabisakan waktu untuk kepentingan pribadi saat bekerja, atau hal tersebut akan mengganggu dan mengurangi motivasi kita.
-Bersihkan meja kita.
Beberapa dari kita mungkin memiliki meja yang bisa digambarkan sebagai suatu kekacauan. Itu tidak selalu berarti buruk selama kita dapat menemukan apa yang kita butuhkan tanpa terlalu banyak mencari disekitar. Namun, jika kita tidak bisa, disarankan untuk membersihkan meja. Itu tidak berarti meja kita harus kosong,namun hanya saja semua kertas ditumpuk rapi dan semua berada di lokasi yang benar.
-Gunakanlah kursi yang nyaman.
Jika kita duduk untuk waktu yang lama didepan meja,kita mungkin harus menggunakan kursi yang nyaman. Kursi yang nyaman dapat mengurangi rasa pegal di punggung dan leher,dan memungkinkan kita untuk bekerja untuk waktu yang lama tanpa istirahat.
-Gunakanlah shortcut pada komputer kita.
Hal ini memudahkan kita untuk menemukan yang kita cari tanpa melakukan pencarian manual yang akan membuat pekerjaan lebih lama. Misalkan saja jika kita menyimpan project yang akan diakses sewaktu-waktu,maka gunakanlah shortcut folder yang menuju langsung ke project kita tanpa perlu mencarinya ulang.
-Tutuplah program-program yang tidak diperlukan.
Cobalah untuk membuka program-program yang penting saja, selain itu tutuplah yang tidak berguna.
-Batasi waktu di situs facebook dan twitter.
Cobalah untuk membatasi pergi ke situs-situs ini selama kita bekerja. Jika kita benar-benar harus, cobalah melakukannya selama waktu makan siang kita.
-Ubahlah pola pikir kita dan buatlah pekerjaan itu menyenangkan.
Sadar akan fakta bahwa persepsi kita tentang pekerjaan adalah sesuatu yang dapat kita kontrol. Cobalah mengubah pola pikir kita mengenai suatu pekerjaan menjadi sebuah permainan.
Berikut ini adalah 18 tips agar kita bisa fokus dalam bekerja:
-Tuliskan daftar tugas harian dan rencanakan hari kita.
Tidak ada cara yang baik selain membuat daftar tugas harian disamping kita, untuk membuat kita tetap fokus. Memiliki daftar hal-hal yang harus kita selesaikan dalam sehari membuat kita terus menerus mengingat apa yang perlu diselesaikan, ini adalah cara terbaik agar kita tetap fokus.
-Sediakan waktu lain untuk rekan-rekan yang dapat mengganggu kita.
Di tempat kerja yang sibuk, orang-orang selalu bergerak dan berbicara sepanjang waktu. Jika kita memegang peran dalam sebuah tim di mana orang lain perlu berinteraksi dengan kita, cobalah mengalokasikan waktu mereka yang dapat mengganggu kita, biarkan mereka tahu bahwa waktu di siang hari, misalnya antara jam 2-4siang kita tidak bisa diganggu.
-Batasi waktu kerja kita.
Cobalah batasi waktu kita untuk mengerjakan suatu tugas, katakanlah 30 menit. Ketika sudah 30 menit, baik pekerjaan itu selesai maupun belum, kita harus mencari waktu lain, mungkin juga di hari lain untuk mengerjakannya kembali. Dengan cara ini akan menjaga kerja kita tetap fresh walaupun seharian kerja.
-Atur filter di email kita.
Jika kita menghabiskan banyak waktu kita di depan komputer yang memungkinkan kita sering membuka/mengecheck email, buatlah filter email mana yang harus diprioritaskan,dengan hal tersebut, kita hanya perlu membuka folder penting saja yang dikategorikan sebagai project,dan yang berhubungan dengan pekerjaan kita.
-Jangan periksa email di pagi hari.
Memeriksa email pribadi bisa sangat mengganggu bahkan dengan konfigurasi filter. Terutama ketika teman-teman kita mengirimkan link artikel menarik, lelucon atau video di YouTube. Jika kita tidak berhati-hati, kita bisa terbawa kedalamnya selama berjam-jam. Cobalah untuk langsung bekerja. Hal ini akan membangun beberapa momentum yang dapat memudahkan hari kita. kita bisa memeriksa email pribadi, setelah tugas telah selesai atau sedang berlangsung.
-Set status IM (Chat) kita.
Jika kita sedang tidak ingin diganggu,ubahlah status IM kita menjadi away atau busy. Dengan cara tersebut teman dan rekan kerja kita akan menghormati waktu kita.
-Mendengarkan jenis musik yang tepat.
Musik adalah cara yang baik untuk menemani rutinitas pekerjaan. Selain itu, musik dapat meredam suara-suara kantor seperti suara printer dan orang lain yang sedang mengobrol Hati-hati juga,terkadang jenis musik tertentu yang tidak kondusif dapat mempengaruhi produktifitas kerja.
-Gunakanlah headphone tanpa menghidupkan musik.
Sebagian orang memilih untuk memiliki keheningan ketika bekerja. Jika kita sedang melakukan perincian yang serius atau perhitungan, mendengarkan musik ditelinga mungkin bukan hal terbaik untuk menjaga fokus.Coba gunakan headphone atau sumbat telinga untuk menahan kebisingan diluar tetapi tidak perlu menyalakan musiknya.
-Sediakan sebotol air.
Menjaga diri kita dari dehidrasi bagus untuk segala macam kesehatan. Isilah botol minum kita pada pagi hari. Hal ini untuk menghindari, pertama berhubungan dengan yang lain ketika kita bangun dari tempat duduk kita untuk mengisi botol. Kedua, untuk menghindari diskusi panjang dengan teman kita disekitar tempat pendingi air.
-Carilah waktu terbaik untuk melakukan tugas yang berulang dan membosankan.
Tidak peduli berapa banyak kita mencoba untuk menghindarinya, tetapi kita harus menghadapinya. Mulailah pekerjaan yang berulang dan membosankan di pagi hari dimana otak masih bekerja secara maksimal.
-Bawalah makan siang kita dan letakkan di meja.
Saya tidak menyarankan kita melakukan hal ini setiap hari, tetapi jika kita benar-benar harus fokus dan berusaha untuk memenuhi deadline, makan siang kita benar-benar membantu. Selain itu, makan siang kita menjadi lebih cepat serta bisa juga dilakukan sambil membuka email.
-Jangan melakukan panggilan pribadi/telepon terlalu lama.
Sebagian dari kita mempunyai cara membedakan yang baik antara pekerjaan dan kehiduapn pribadi kita. Saya pikir,kita semua setuju kita harus menghindari pekerjaan yang mengganggu kehidupan pribadi,hal ini juga berlaku kebalikannya. Cobalah untuk mengurangi menghabisakan waktu untuk kepentingan pribadi saat bekerja, atau hal tersebut akan mengganggu dan mengurangi motivasi kita.
-Bersihkan meja kita.
Beberapa dari kita mungkin memiliki meja yang bisa digambarkan sebagai suatu kekacauan. Itu tidak selalu berarti buruk selama kita dapat menemukan apa yang kita butuhkan tanpa terlalu banyak mencari disekitar. Namun, jika kita tidak bisa, disarankan untuk membersihkan meja. Itu tidak berarti meja kita harus kosong,namun hanya saja semua kertas ditumpuk rapi dan semua berada di lokasi yang benar.
-Gunakanlah kursi yang nyaman.
Jika kita duduk untuk waktu yang lama didepan meja,kita mungkin harus menggunakan kursi yang nyaman. Kursi yang nyaman dapat mengurangi rasa pegal di punggung dan leher,dan memungkinkan kita untuk bekerja untuk waktu yang lama tanpa istirahat.
-Gunakanlah shortcut pada komputer kita.
Hal ini memudahkan kita untuk menemukan yang kita cari tanpa melakukan pencarian manual yang akan membuat pekerjaan lebih lama. Misalkan saja jika kita menyimpan project yang akan diakses sewaktu-waktu,maka gunakanlah shortcut folder yang menuju langsung ke project kita tanpa perlu mencarinya ulang.
-Tutuplah program-program yang tidak diperlukan.
Cobalah untuk membuka program-program yang penting saja, selain itu tutuplah yang tidak berguna.
-Batasi waktu di situs facebook dan twitter.
Cobalah untuk membatasi pergi ke situs-situs ini selama kita bekerja. Jika kita benar-benar harus, cobalah melakukannya selama waktu makan siang kita.
-Ubahlah pola pikir kita dan buatlah pekerjaan itu menyenangkan.
Sadar akan fakta bahwa persepsi kita tentang pekerjaan adalah sesuatu yang dapat kita kontrol. Cobalah mengubah pola pikir kita mengenai suatu pekerjaan menjadi sebuah permainan.
sumber : http://kabartop.com
0 komentar:
Posting Komentar