Hosting Gratis
  • Headline

    Selasa, 25 Desember 2012

    Mengenal Dunia Fotografi


    Dunia fotografi pada saat ini semakin berkembang. Hal ini didukung dengan semakin rendahnya harga kamera yang menjadikan masyarakat semakin mudah untuk membelinya. Terlebih dengan adanya penemuan baru, yaitu kamera digital yang memudahkan setiap orang untuk mengabadikan berbagai moment yang dianggap penting atau berharga.
    Dunia fotografi juga bukan lagi menjadi monopoli kalangan tertentu saja. Hal ini seiring dengan status sebuah kamera yang bukan lagi menjadi sebuah barang mewah. Sehingga, setiap orang bisa mengekspresikan diri dengan menggunakan kamera. Dimana pada masa lalu, dunia fotografi hanya menjadi milik kelompok pekerja tertentu. Misalnya kaum jurnalis atau juga para fotografer profesional.
    Berbagai jenis kamera pada saat ini mudah ditemukan di tengah masyarakat. Mulai dari kamera berharga murah seperti kamera saku, hingga kamera yang sering digunakan kalangan profesional. Inilah mengapa dunia fotografi pada saat ini bukan lagi menjadi sebuah dunia eksklusif yang hanya bisa dimasuki oleh kalangan tertentu saja.
    Salah satu jenis kamera yang banyak disukai oleh para fotografer adalah kamera yang disebut kamera Single Lens Reflect. Kamera ini banyak digunakan oleh kalangan profesional atau mereka yang memang menyukai dunia fotografi. Di beberapa kalangan, jenis kamera ini sering dikenal dengan sebutan kamera profesional.
    Penyebutan ini dilakukan karena jenis kamera SLR ini memiliki cara kerja yang lebih rumit daripada jenis kamera saku. Dimana untuk jenis kamera saku, cara pengoperasiannya cukup mudah. Hanya dengan menekan satu tombol saja, maka kita bisa mengambil gambar sebuah obyek dengan jelas dan tajam.
    Sementara untuk pengambilan gambar menggunakan kamera SLR, tidak bisa sesederhana itu. Sebab, untuk mendapatkan gambar yang tajam dan berkualitas baik, harus dilakukan beberapa pengaturan. Misalnya pengaturan cahaya, kecepatan lensa hingga kejelasan fokus. Dan untuk bisa mendapatkan komposisi gambar yang baik, dibutuhkan ketrampilan khusus dari para fotografer itu sendiri. Itulah sebabnya, kamera jenis SLR ini sering disebut sebagai kamera profesional.

    Mengenal Kamera SLR

    Secara umum, antara kamera SLR dengan kamera saku memiliki beberapa perbedaan yang sangat mendasar. Salah satunya adalah bahwa kamera jenis SLR memiliki harga yang jauh lebih tinggi daripada jenis kamera sakut. Selain itu, masih terdapat beberapa perbedaan lain di antara kedua jenis kamera tersebut.
    Beberapa perbedaan antara kamera SLR dengan kamera saku ini antara lain adalah :
    1. Dari jenis ukuran, kamera SLR memiliki ukuran yang lebih besar daripada kamera sakut. Untuk kamera saku, biasanya ukurannya cukup mungil sehingga bisa disimpan di dalam saku baju. Itulah mengapa jenis kamera ini kemudian disebut kamera saku, meski pun ada juga yang menyebutnya dengan kamera otomatis. Karena kita tidak melakukan penyetelan saat hendak melakukan pemotretan.
    2. Untuk membidik sebuah obyek, kamera SLR memiliki akurasi yang lebih tinggi daripada kamera saku. Sebab, dalam prinsip kerja kamera SLR yang menggunakan jenis lensa tunggal, akan nampak persamaan antara fokus dalam lensa dengan lensa pembidik. Sementara pada kamera saku, antara lensa dan lensa pembidik, terdapat lensa pembias. Sehingga antara apa yang dibidik dengan obyek yang ditangkap oleh lensa terdapat penyimpangan.
    3. Kamera SLR bisa digunakan pada berbagai kondisi dengan cara menyesuaikan settingan kamera. Sedangkan pada kamera saku, sudah dibuat untuk berbagai macam kondisi sehingga hasil pemotretan cenderung monoton.
    4. Kamera SLR bisa diubah ukuran lensanya sehingga bisa sesuai dengan kebutuhan. Misalnya untuk memotret obyek yang jaraknya cukup jauh, kita bisa mengganti dengan lensa yang memiliki jangkauan lebih jauh. Sementara untuk kamera saku, jenis lensa sudah tidak bisa diubah. Sehingga daya jangkau pemotretan cukup terbatas.

    Kamera Canon

    Salah satu jenis kamera SLR yang dianggap memiliki kualitas baik adalah kamera yang diproduksi oleh Canon. Meski demikian, sebagian kalangan masih menganggap bahwa kamera yang menggunakan merk Nikon merupakan jenis kamera yang paling baik. Hal ini tidak sepenuhnya salah namun juga tidak bisa dibenarkan secara keseluruhan. Sebab, Nikon merupakan salah satu perusahaan pertama yang memproduksi kamera sehingga sudah memiliki nama besar pada dunia fotografi.
    Namun demikian, hal ini tidak lantas menjadikan mereka lain dianggap tidak mempunyai kelebihan. Seperti halnya dengan kamera yang diproduksi oleh perusahaan Canon tersebut. Banyak orang yang meyakini bahwa kamera produksi dari Canon juga memiliki beberapa kelebihan sebagaimana yang dimiliki oleh mereka ternama lainnya.
    Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh kamera merk Canon ini antara lain adalah :
    1. Harga kamera merk Canon cenderung lebih murah daripada merk Nikon. Hal ini karena Canon termasuk pemain baru di bidang kamera.
    2. Fitur yang tersedia pada kamera Canon dianggap lebih sederhana sehingga mudah untuk dipahami, khususnya oleh mereka yang tergolong pemula dalam dunia fotografi.
    3. Kamera Canon lebih mudah diganti lensanya. Sehingga bila kita hendak menggunakan lensa yang ukurannya lebih besar, tidak harus menggunakan lensa merk Canon.
    4. Kamera Canon dilengkapi dengan lampu kilat mini yang melekat pada kamera. Sehingga bila kita tidak memiliki lampu blits tambahan, tidak perlu bingung bila harus memotret di tempat yang kurang pencahayaannya.
    5. Mudah mencari layanan purna jual apabila terdapat masalah pada kamera Canon. Dengan demikian, bila terjadi kerusakan bisa segera diperbaiki.

    Membersihkan Lensa Kamera

    Lensa kamera merupakan salah satu bagian yang vital dalam sebuah kamera. Itulah mengapa, kita harus selalu merawat bagian tersebut agar ketika digunakan untuk memotret bisa menghasilkan gambar yang sempurna.
    Hal ini terutama perlu dilakukan pada kamera yang berjenis SLR. Sebab, kita seringkali melepas bagian lensa kamera SLR ini terutama jika hendak mengganti dengan lensa yang berukuran lebih besar. Dengan demikian resiko terkena kotoran baik kotoran ringan maupun kotoran berat, cukup besar terjadi.
    Dalam membersihkan lensa kamera, ada beberapa langkah sederhana yang bisa kita lakukan. Hal ini perlu dilakukan karena menjaga kebersihan lensa kamera SLR merupakan salah satu kegiatan  yang harus dilakukan secara rutin. Dengan demikian, kita bisa mencegah lensa kamera tersebut dari kotoran yang bisa menyebabkan kerusakan lensa. Misalnya terkena goresan debu dan lain sebagainya.
    Beberapa langkah yang harus dilakukan dalam membersihkan lensa kamera antara lain adalah :
    1. Mepersiapkan perlengkapan pembersih lensa misalnya blower, tisu lensa, cairan dan kain pembersih, sikap pembersih dan cutton bud.
    2. Pertama, bersihkan lensa menggunakan blower yang dilanjutkan dengan kuas. Gunakan      kuas untuk menyapu lensa secara searah dan lembut. Hal ini untuk menghindarkan terjadinya goresan sebagaimana jika kita menyapu lensa secara kasar dan berganti arah.
    3. Setelah disapu menggunakan kuas, usaplah lensa menggunakan tisu. Hal ini tujuannya untuk membersihkan noda yang tidak bisa dibersihkan dengan menggunakan kuas. Perhatikan cara mengusap dan harus lembut.
    4. Pada bagian body lensa, cukup dibersihkan menggunakan kain yang biasanya sudah diberikan ketika kita membeli kamera.
    5. Cutton bud digunakan untuk membersihkan bagian yang tidak terjangkau oleh kain pembersih, kuas atau juga tisu. Biasanya digunakan untuk membersihkan bagian-bagian yang cekung.

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Mengenal Dunia Fotografi Rating: 5 Reviewed By: Admin
    Scroll to Top